Tahap Awal, Tahap Paling Sulit Memulai Usaha

September 8, 2017

Memulai memang menjadi sesuatu yang menyulitkan. Sebab, memulai adalah sesuatu yang dilakukan sejak awal yang akan penuh perjuangan. Setiap hal yang dimulai dari awal, terasa sulit. Termasuk saat memulai bisnis , Anda pasti akan bingung bagaimana cara memulai usaha dari nol hingga berkembang hingga besar.

Namun, jika kita bisa melewati tahap awal, berani mengambil risiko sejak awal maka untuk selanjutnya akan terasa mudah bagi kita. Dalam membangun sebuah bisnis ditahap awal akan sangat menyulitkan, jika Anda tidak memiliki mental sekeras baja maka Anda akan tersingkir dari persaingan bisnis yang begitu ketat.

Banyak pebisnis pemula yang tidak mampu menghadapi tantangan di tahap awal, pada akhirnya mereka harus menyerah dan tidak berani lagi untuk memulai kembali. Padahal pebisnis sukses selalu berpesan kepada para pengusaha pemula bahwa, kegagalan adalah jalan untuk menuju kesuksesan.” Ketika kita gagal sekali, kita harus mencoba kembali hingga jatah gagal yang kita miliki habis. Setelah jatah gagal Anda habis, maka jalan Anda menuju kesuksesan berada di depan mata.

Membangun atau memulai usaha adalah salah satu cara yang cukup sulit bagi orang-orang yang tidak tahan banting. Tidak ada entrepreneur yang sukses hanya dalam satu kali percobaan, kesuksesan mereka dapati setelah berulang-ulang kali mengalami kegagalan.

Bagaimana cara memulai sebuah bisnis agar Anda bisa bertahandan Anda bisa menikmati hasil yang sudah Anda harapkan selama ini. Apa saja yang harus Anda awali untuk memulai bisnis. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan.


Cara Memulai Usaha

Modal Utama Bukan Materi Tapi Cara Berpikir

Banyak orang yang menganggap bahwa modal utama dalam sebuah bisnis adalah materi berupa uang. Dengan uang Anda bisa melakukan sesuatu dengan mudah seperti membangun tempat usaha , membeli bahan baku produk, dan membayar orang untuk membuat produk yang Anda inginkan.

Padahal cara memulai usaha yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan memiliki sebuah pola pikir sebagai pengusaha, bukan sekedar modal materi. Meskipun Anda memiliki modal materi, namun Anda tidak memiliki mindset sebagai seorang pengusaha, maka usaha yang Anda dirikan akan sangat sulit berkembang.

Umumnya para pengusaha yang berhasil, adalah mereka yang sudah memiliki visi sejak awal untuk jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang. Tanpa adanya misi, maka akan sangat sulit mereka menjalankan usaha tersebut.

Apa yang Akan Anda Jual

Setelah Anda memiliki suatu mindset, maka saatnya Anda berpikir apa yang akan Anda jual dan Anda tawarkan kepada calon-calon konsumen dan bagaimana cara Anda menawarkan produk yang akan Anda jual tersebut kepada calon konsumen.

Ketika Anda memulai bisnis maka cara memulai bisnis yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan mengetahui produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Kepada siapa produk atau jasa tersebut akan Anda jual.

Disinilah jiwa sales Anda akan diuji. Karena memulai usaha adalah menjadi sales untuk produk Anda sendiri. Sehingga bagi Anda yang benci dunia sales, sangat sulit untuk mendirikan usaha yang harus melakukan penjualan. Pola pikir ini harus Anda rubah, agar bisa menjadi seorang pengusaha yang handal.

Miliki Ide yang Unik

Selanjutnya, Anda harus memiliki ide bisnis yang unik. Keunikan inilah yang menjadi pembeda produk Anda dengan produk lain. Memang sulit untuk menjadi pembeda, hal yang paling penting bisa Anda lakukan agar memiliki nilai pembeda adalah dengan melakukan banyak inovasi dengan bisnis yang ingin Anda jalankan.

Dengan sentuhan inovasi dan kreatifitas, maka itu Anda akan memiliki pembeda dari kompetitor. Cara inilah yang akan menggiring Anda untuk bisa menuju kesuksesan yang selama ini Anda inginkan.

Buatlah Bussiness Plan

Sangat jarang Anda menemukan para pengusaha pemula yang mendirikan bisnis dengan bussiness plan. Padahal memulai usaha yang paling efektif adalah dengan memiliki bussiness plan. Dengan adanya bussiness plan, maka Anda akan memiliki rencana yang ingin Anda capai dari usaha milik Anda.

Cara membuat bussinees plan cukup mudah, Anda harus menentukan apa saja yang ingin Anda kerjakan, berapa lama harus dikerjakan, berapa biaya yang dikeluarkan, dan siapa pasar potensial yang ingin Anda sasar dengan bisnis Anda ini.

Model Pemasaran

Setelah semua itu sudah ada dibenak Anda, maka sudah saatnya Anda mencari model pemasaran yang paling tepat dengan bisnis yang ingin Anda lakukan. Disinilah yang cukup sulit, karena Anda harus mengatur bagaimana manajemen pemasaran yang akan Anda lakukan agar bisnis Anda bisa dengan mudah dikenal luas oleh para konsumen yang Anda sasar.

Model pemasaran saat ini yang paling tepat untuk melakukan pemasaran usaha adalah dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial hingga saat ini masih dikenal sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan segala jenis usaha. Anda bisa mencoba memasarkan usaha yang ingin Anda jalankan menggunakan media sosial.

Selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan blog atau situs untuk memasarkan usaha milik Anda. Peran internet saat ini cukup vital. Seperti halnya, restoran-restoran baru yang kini sukses pada awal kemunculannya memanfaatkan media sosial.

PT. Andalan Bisnis Cemerlang

Jalan Pahlawan Seribu Ruko Golden Boulevard Blok G2 No. 49 BSD City – Tangerang Kode Pos 15322

Office Hour :

© 2016 – 2018 All Rights Reserved

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>